0000Dec 00

Mengenal Jenis-jenis Printer Rumah dan Kantor

By Admin

Pengertian Printer, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya 
Dalam proses computing, kita mengenal istilah inputprocess, dan output. Nah, saat Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui proses computing, monitor akan menampilkan hasil pekerjaan tersebut (output) dalam bentuk digital (elektronik), jika Anda ingin mengubah bentuk digital menjadi fisik (hard copy), maka perangkat tambahan yang Anda butuhkan adalah printer. Jadi secara  sederhana,  printer merupakan perangkat eksternal yang bertugas mengaambil data komputer dan menghasilkan hard copy dari data tersebut.

artikel veneta_jenis printer

Pengertian printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Hingga saat ini, berbagai printer telah tersedia dengan berbagai fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, serta gabungan fungsi dari perangkat lainnya.

Dari segi kualitas, perangkat printer diidentifikasi dengan fitur-fitur bawaannya seperti kualitas warna, kecepatan cetak, resolusi cetak, dll. Dewasa ini, bermunculan printer-printer dengan multifungsi, seperti halnya printer modern. Printer modern ini datang dengan fungsi multiguna yaitu mereka kombinasi printerscanner, mesin fotokopi, faks, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda ada berbagai printer yang tersedia dan dapat bekerja di berbagai jenis teknologi saat ini.

JENIS-JENIS PRINTER
Seperti dikemukakan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai teknologi telah digunakan dalam printer komputer. Secara umum printer dapat dikategorikan kedalam dua jenis, yaitu printer  impact  dan  printer non-impact. Printer impact adalah jenis printer yang digunakan untuk membuat surat. Contohnya printer  daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact tidak bekerja dengan pita tinta. Contohnya printer inkjet dan printer laser. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis printer yang ada saat ini:

artikel veneta_refill tinta ribbon_printer dot matrixPrinter Dot-Matrix
Printer dot-matrix merupakan jenis printer dari keluarga printer impact. Printer jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970. Printer ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Printer jenis ini kurang begitu populer saat ini, namun kalangan bisnis masih menggunkan jenis perinter ini untuk mencetak faktur, cek, struk, dan lainnya. Walaupun jenis printer ini sudah lama, tapi masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan bank. Sehingga tetap laris dipasaran. Untuk refill pita tinta, di Veneta System menyediakan produk recycle dan refill untuk jenis tinta ini.

artikel veneta_refill tinta_printer thermal kasirPrinter Thermal
Satu lagi dari keluarga printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis ini biasanya digunakan di kasir pembelanjaan  dan mesin fax. Jenis printer ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Mekanisme cetaknya dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya. Pada masa ini jenis usaha seperti mini market, rumah makan, café dan toko-toko keperluan rumah tangga semakin menjamur dan tentunya untuk bukti transaksi, hampir semuanya menggunakan printer thermal. Veneta System menyikapi dengan menyedia jasa isi ulang/refill tinta untuk printer thermal ini.

artikel veneta_refill tinta inkjet_printer inkjetPrinter Inkjet
Inkjet Printer
 (printer inkjet) merupakan jenis printer yang populer saat ini, selain printer laser. Cara kerja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta dengan cartridge kedalam kertas, hingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi.Printer inkjet mengunakan tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta, umumnya tinta dipisahkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama ini biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer ini sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik. Printer inkjet menjadi jenis printer dengan pengguna paling banyak. Untuk keperluan refill tinta inkjet, Veneta System menyediakan refill inkjet lengkap hampir untuk semua printer inkjet yang beredar di Indonesia.

artikel veneta_refill tinta toner_printer laserPrinter Laser dan LED
Printer Laser
 dan Printer LED (light-emitting diode) adalah keluarga dari mesin fotokopi; keduanya memiliki mekanisme yang menggunakan drum logam dan toner bubuk yang sensitif terhadap cahaya. Dalam printer, cahaya dari laser atau LED "menarik" gambar halaman ke drum sebagai rangkaian percetakan. Cahaya menghasilkan muatan listrik statis dalam drum, menyebabkan toner untuk bereasi. Ketika dipanaskan, toner mencair; printer menekan selembar kertas ke drum, sehingga toner melalui kertas dan membentuk objek yang dicetak. Printer laser memiliki proses cetak lebih cepat dari printer inkjet dengan hasil berkualitas tinggi. Mengingat bahwa ada dampak buruk dari bubuk toner, Veneta System memberikan layanan refill toner dengan nama Refill Sehat. Pengguna tidak perlu kuatir lagi akan paparan bubuk toner ketika melakukan isi ulang tinta toner. Di Veneta sudah menyediakan produk cartridge toner yang siap pakai. Cartridge berasal dari cartridge original yang direkondisikan kembali sehingga bisa digunakan kembali dengan performa seperti cartridge baru.

artikel veneta_refill tinta_printer 3dPrinter 3D (3 Dimensi)
Printer 3D dibuat pertama kali oleh Charles W. Hull pada tahun 1984. Printer 3D merupakan perangkat cetak tercanggih saat ini. Proses kerja dari printer ini adalah dengan menggunakan desain dari gambar digital untuk menghasilkan sebuah objek fisik berbentuk 3D yang identik. Bahan yang digunakan dalam proses percetakan bukanlah tinta atau kertas, melainkan umumnya menggunakan bahan-bahan seperti paduan logam, polimer, lilin, atau plastik.

artikel veneta_refill tinta printer_printer AiOPrinter All In One (AIO) / Printer Multifungsi (MFP)
Printer All In One
 atau disebut juga sebagai Printer Multifungsi (Multifunctions Printer), merupakan jenis printer yang digunakan untuk menggambarkan perangkat printer serbaguna (all in one/multifungsi), fungsinya bukan lagi hanya sebagai alat cetak, tapi disematkan juga fungsi lain semisal scanner, fax, telephone, atau lainnya. Secara sederhana, jenis printer ini akan mencukupi macam kebutuhan Anda hanya dengan satu prangkat. Printer AIO menggunakan cartridge dan jenis tinta yang sama seperti tinta inkjet atau tinta toner, yang membedakan hanya pada penambahan fungsi alatnya saja. Tentunya segala keperluan tinta untuk printer AIO juga tersedia di Veneta System.

*Disadur dari berbagai sumber.


< Back to Blog Pages